Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 4, Nomor 2, Maret 2016



 
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada STIE Pasaman
 
M. Saleh Lubis
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Perguruan Tinggi memegang peranan penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia berkualitas di Indonesia. Penerapan manajemen pemasaran profesional juga menjadi penting pada lembaga Perguruan Tinggi. Diantara aspek penting manajemen pemasaran adalah proses pemasaran dari mulut kemulut yang dilakukan mahasiswa yang puas kuliah di suatu Perguruan Tinggi. Penelitian ini mengkaji kepuasan mahasiswa kuliah di STIE Pasaman yang ditelusuri dari pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 241 mahasiswa ditarik dengan rumus Slovin dari 604 populasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa kuliah di STIE Pasaman. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa kuliah di STIE Pasaman dapat dilakukan dengan meningkatkan lagi kualitas pelayanan dan nilai pelanggan.

 
Kata Kunci : Perguruan Tinggi memegang peranan penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia berkualitas di Indonesi
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Analisa Perbandingan Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Koperasi Sawit Gunung Sangkur Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat
 
Mardahleni dan Nur Hamzah
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Laporan keuangan merupakan informasi yang paling kursial untuk mengendalikan suatu perusahaan. Analisa Laporan keuangan dapat memberikan informasi mengenai kinerja keuangan suatu perusahaan atau koperasi. Penelitian ini dilakukan pada koperasi Sawit Gunung Sangkur kecamatan Kinali Kabupaen Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis kinerja keuangan guna mengetahui perkembangan posisi keuangan pada koperasi Sawit Gung Sangkur pada priode 2011 sampai dengan 2014 ditinjau dari rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu analisis didasarkan pada perhitungan. Data diolah dengan metode-metode yang wajar menurut analisis laporan keuangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari dukumentasi laporan keuangan koperasi Sawit Gunung sangkur Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat selama kurun waktu 2010 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan dari koperasi tidak selalu mengalami peningkatan selama priode 4 tahun. Baik dilihat dari ratio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas selalu terjadi penurunan dan peningkatan.

 
Kata Kunci : kinerja keuangan, rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Efek Moderasi Country Of Origin pada Pengaruh Kualitas Produk dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Laptop TOSHIBA
 
Erdawati dan Asraf
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Pasar laptop di Indonesia termasuk di Simpang Empat Pasaman Barat diramaikan oleh berbagai merek dari berbagai Negara produsen.Tingkat persaingan yang tinggi mengharuskan produsen dan distributor untuk mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat.Dalam menerapkan strategi tersebut diperlukan pemahaman yang baik tentang faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menganalisis efek moderasi variabel country of origin pada pengaruh kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian laptop Toshiba di Simpang Empat Pasaman Barat.Hasil penelitian menunjukkan produk dan ekuitas merek masing masing secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Country of origin memperkuat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan juga memperkuat pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bila Produsen dan distributor laptop Toshiba hendak meningkatkan bobot keputusan pembelian konsumen, perlu ditingkatkan lagi kualitas produk dan ekuitas merek. Khusus kepada toko penjual laptop atau komputer direkomendasikan untuk mengutamakan untuk menjual produk buatan Jepang yang dipersepsi sebagai Negara pembuat laptop berkualitas.

 
Kata Kunci : Produk, Ekuitas Merek, Country Of Origin, Keputusan Pembelian
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap Pendapatan Masyarakat Ladang Panjang Kec. Tigo Nagari Kab. Pasaman (Studi Kasus Masyarakat pemilik UKM)
 
Roza Gustika
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap pendapatan Masyarakat yang memiliki Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kecamatan Tigo Nagari. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan deduktif dengan menggunakan data primer. Cara pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan kuisioner. Metode yang digunakan dalam analisis terhadap pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap pendapatan Masyarakat yang memiliki Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kecamatan Tigo Nagari adalah metode Ordinanary Least Square (OLS) dengan menggunakan alat analisis untuk mengolah data yaitu dengan menggunakan SPSS 15.0 for Windows. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) berpengaruh positif terhadap pendapatan masyarakat yang memiliki Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

 
Kata Kunci : Kredit Usaha Rakyat (KUR),Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Pendapatan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Pengaruh Kompensasi dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. FIF Group di Kabupaten Pasaman)
 
Endarwita dan Rini Herlina
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi dan pengembangan karir terhadap kinerja. Hipotesis pertama menguji apakah kompensasi berpengaruh terhadap kinerja. Hipotesis kedua menguji apakah pengembangan karir berpengaruh terhadap kinerja.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. FIF Group di Kabupaten Pasaman. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik full sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan metode survei dan dianalisis dengan regresi linier berganda.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh silmultan dan parsial terhadap kinerja. Hasil lain yang dapat disimpulkan adalah bahwa pengembangan karir berpengeruh simultan dan parsial terhadap kinerja.

 
Kata Kunci : Kompensasi, Pengembangan Karir, dan Kinerja Karyawan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Pengaruh Kompensasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Dosen STIE Pasaman Simpang Empat
 
Hendri Rosya
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Perguruan Tinggi memiliki peran yang penting didalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Agar mampu menjalankan perannya dengan baik, perguruan tinggi dituntut untuk mampu mengimplementasikan manajemen sumber daya manusia yang baik terutama didalam meningkatkan kinerja dosennya. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana pengaruh kompensasi dan kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja dosen STIE Pasaman Simpang Empat. Populasinya adalah seluruh dosen yang berjumlah 36 orang dan karena jumlahnya dibawah 100 maka seluruh populasi dijadikan responden. Pengukuran variabel penelitian dengan instrument dalam kuesioner yang dikuantifisir dengan skala Likert. Pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda menemukan hasil bahwa kompensasi dan kepemimpinan masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen STIE Pasaman Simpang Empat. Implikasi penelitian ini adalah agar kinerja dosen dapat lebih meningkat lagi dalam rangka meningkatkan kemampuan perguruan tinggi ini menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, dapat dilakukan dengan perbaikan pada kompensasi dan kepemimpinan.

 
Kata Kunci : Kinerja, kompensasi dan kepemimpinan.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Peran Kualitas Pelayanan dalam Mebangun Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Simpang Empat
 
Yuli Andesra
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Bisnis perbankan yang penuh kompetisi memerlukan penerapan manajemen pemasaran dengan baik. Salah satu hal penting didalam kegiatan pemasaran bank adalah bagaimana meningkatkan loyalitas nasabah. Hal ini karena salah satu kunci sukses bisnis bank adalah bilamana tercapai loyalitas nasabah yang tinggi. Faktor penting didalam meningkatkan loyalitas anasabah adalah kepercayaan nasabah, sementara salah satu yang dapat mempengaruhi kepercayaan dan loyalitas nasabah adalah pelayanan. Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan kepercayaan nasabah dalam membentuk loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Simpang Empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dapat mempengaruhi kepercayaan dan loyalitas nasabah secara signifikan. Masih terdapat banyak faktor lainnya yang mempengaruhi peningkatan kepercayaan dan loyalitas nasabah karena kontribusi pelayanan tidak terlalu besar. Kepercayaan terbukti merupakan faktor penting didalam membentuk loyalitas. Selain kontribusinya yang besar, variabel ini juga memediasi secara penuh pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Implikasi penelitian ini adalah bahwa didalam meningkatkan loyalitas nasabah, Bank Syariah Mandiri harus memperhatikan dan mengupayakan peningkatan kepercayaan nasabah. Untuk meningkatkan kepercayaan nasabah salah satunya dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas pelayanan.

 
Kata Kunci : Loyalitas nasabah, kepercayaan nasabah dan kualitas pelayanan.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan
 
Nailal Husna
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

The object of this study is a banking company whose shares are listed in Indonesia Stock Exchange 2011-2014 period, and the sampling method was census. The purpose of this study was to determine the effect of the financial performance of banking shares. And the research variables are Stock Price (Y), Return on Assets (X1), Debt to Equity Ratio (X2), Price Earning Ratio (X3), Earning Per Share (X4). Based on the analysis and discussion of the results of testing the hypothesis then the conclusion is Price Earning Ratio and Earning Per share, positive and significant impact on the share price, while Return on Assets, Dept To Equity Ratio, Earnings Per share no significant effect on stock price.

 
Kata Kunci : Stock Price, Return on Assets, Debt To Equity ratio, Price Earning Ratio, Earnings Per Share, Bank
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
download cover Vol.4 No. 2 Tahun 2016